A. Tujuan Pembelajaran.
1. Mengetahui Hakikat Fisika dan Kerja Ilmiah.
2. Menyebutkan macam-macam alat ukur.
3. Mengelompokkan alat ukur berdasarkan besaran-besaran fisis terkait.
4. Membedakan alat ukur yang memiliki besaran yang sama.
5. Menentukan dimensi dari suatu besaran turunan.
B. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan Pendahuluan
Eengage (Libatkan)
1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, memeriksa kondisi kelas dan mengkondisikan peserta didik secara fisik dan psikis.
2. Guru melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran tentang macam-macam alat ukur, besaran, satuan dan dimensi.
3. Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait dengan materi pembelajaran yaitu macam.
4. Guru membagikan link e-modul.
5. Peserta didik mengakses link yang telah dibagikan untuk mengerjakan asesmen awal dengan link https://quizizz.com/join?gc-57919295
II. Kegiatan Inti
a. Explore (Eksplorasi)
1. Guru mengelompokkan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal. Peserta didik mengakses dan membaca materi yang ada e-modul tentang macam-macam alat ukur, besaran, satuan dan dimensi.
2. Peserta didik mengerjakan aktivitas pembelajaran pada e-modul tentang macam-macam alat ukur, besaran, satuan dan dimensi kemudian dikerjakan secara berkelompok.
3. Guru memuntun peserta didik dalam mengerjakan aktivitas pembelejaran tentang macam-macam alat ukur, besaran, satuan, dan dimensi.
b. Explain (Jelaskan)
1. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya tentang macam-macam alat ukur, besaran, satuan dan dimensi dan kelompok yang lain dapat menanggapi hasil yang dipresentasikan.
2. Guru membimbing siswa dalam kegiatan diskusi dan memberikan apresiasi.
3. Peserta didik mengumpulkan hasil dari aktivitas pembelejaran yang telah dikerjakan tentang macam-macam alat ukur, besara, satuan, dan dimensi.
c. Extend (kembangkan) Elaborasi
1. Guru memberikan feedback berupa pembahasan seluruh terkait dengan materi macam-macam alat ukur, besaran, satuan, dan dimensi.
2. Peserta didik dapat membuat kesimpulan tentang meteri macam-macam alat ukur, besaran, satuan, dan dimensi.
III. Kegiatan Penutup
Evaluation (Evaluasi)
1. Peserta didik mengerjakan asesmen formatif 1 tentang macam-macam alat ukur, besaran, satuan, dan dimensi dengan link:
https:/quizizz.com/join?gc-92142545
2. Peserta didik refleksi pembelajaran dengan link dan refleksi untuk guru dengan link yang sudah di sediakan.
3. Guru menyampaikan materi pada pertemuan selanjutnya.
4. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar selalu semangat dalam belajar.