1. Issac Newton mencetuskan bahwa, “Resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan hasil kali dari massa dan percepatan benda tersebut”. Pernyataan tersebut merupakan contoh dari body of knowledge dalam fisika berupa….
2. Perhatikan poin-poin di bawah ini:
a. a. Terbuka dengan hasil riset yang diperoleh
b. b. Menjalankan riset dengan rasa ingin tau yang tinggi
c. c. Melaporkan hasil riset denga data yang benar, tanpa memanipulasi
d. d. Percaya diri dengan kemampuan sendiri dan mengabaikan pendapat orang lain terkait riset yang kita lakukan.
e. e. Melakukan perbandingan dengan riset lain yang terkait dengan riset yang kita jalankan.
Poin-poin di atas adalah contoh
penerapan way of thinking ketika melakukan riset yang sesuai
dengan hakikat fisika, kecuali….
3. Perhatikan tahapan metode ilmiah di bawah ini:
a. a. Menemukan masalah
b. b. Melakukan eksperimen
c. c. Kajian pustaka
d. d. Merumuskan hipotesis
e. e. Merumuskan masalah
f. f. Menarik kesimpulan
g. g. Menganalisis data
Tahapan metode ilmiah di atas akan menjadi benar dengan urutan nomor….
4. Setelah mempelajari mengenai Besaran, Satuan, dan Dimensi sobat dapat menentukan kelompok besaran berikut dengan beberapa besaran yang tepat, apakah besaran tersebut besaran pokok atau besaran turunan.
Luas |
|
Volume |
|
Panjang |
|
Massa |
|
Gaya |
|
Intensitas cahaya |
|
Jumlah zat |
|
Kecepatan |
|
5. Dimensi dalam fisika dapat digunakan untuk menjelaskan suatu besaran. Pasangkan besaran berikut dengan dimensi yang tepat.
Suhu ● ● [L]3
Massa ● ● [L][T]-1
Kuat Arus Listrik ● ● [θ]
Waktu ● ● [M]
Volume ● ● [I]
Kecepatan ● ● [L][T]-2
Percepatan ● ● [T]
6. Berapa buah angka penting yang terdapat pada bilangan-bilangan berikut ini.
a) 10,010 = ….
b) 1.000.020 = ….
c) 1.110.000 = ….
7. Berapa buah angka penting yang terdapat pada bilangan-bilangan berikut ini.
a) 60,0 = ….
b) 0,2070 = ….
c) 0,00602 = ….
8. Tentukan hasil dari pengukuran berikut.
a) 0,1615 x 0,34 = ….
b) 0,001615 x 0,034 = ….
c) 0,25 x 4,5 = ….
9. Tuliskan bilangan berikut ini dalam notasi ilmiah.
a) 21.000.000 = ….
b) 10.006 = ….
c) 5.200.712 = ….
Aktivitas Pembelajaran 1.1
No |
Alat Ukur |
Nama Alat Ukur |
Penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari |
1. |
|
|
|
2. |
|
|
|
3. |
|
|
|
4. |
|
|
|
5. |
|
|
|
6. |
|
|
|
7. |
|
|
|
8. |
|
|
|
9. |
|
|
|
10. |
|
|
|
Aktivitas Pembelajaran 1.2
Gunakan pengetahuan konsep Besaran, Satuan, dan Dimensi untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan alat ukur pada aktivitas 1.1
No. |
Nama Alat Ukur |
Besaran yang diukur |
Jenis Besaran |
Satuan pada Alat |
Satuan dalam SI |
Dimensi |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
Aktivitas Pembelajaran 1.3
Buatlah kelompok yang masing-masing beranggotakan 4 orang, identifikasi defenisi satuan di bawah ini yang telah berlaku secara internasional.
No. |
Besaran |
Standar Satuan |
Defenisi |
1. |
Panjang |
Meter (m) |
1meter merupakan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 1/222.792.458 sekon |
2. |
Massa |
|
|
3. |
Suhu |
|
|
4. |
Waktu |
|
|
5. |
Kuat Arus |
|
|
6. |
Intensitas cahaya |
|
|
7. |
Jumlah Zat |
|
|