Sabtu, 08 Juni 2024

Pendahuluan

0 comments

 Peta Konsep

 

 

A.    Identitas Modul

       Mata Pelajaran            : Fisika

       Kelas/Fase                   : X/E

       Semester                      : Ganjil

       Judul Modul                : Pengukuran Dalam Kerja Iminh

       Alokasi Waktu:           : 15 JP (15 x 45 menit)

 

   B. Capaian Pembelajaran

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman Konsep

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, dan keterampilan.

Keterampilan Proses

Mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil.

 

   C. Tujuan Pembelajaran

   Menerapkan konsep pengukuran dan metode ilmiah dengan melakukan penelidikan sederhana, mengumpulkan data menggunakan alat ukur atau aplikasi teknologi yang tersedia, menganalisis data, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil penyelidikannya baik secara lisan maupun tulisan.

 

     D. Deskripsi Singkat Materi

        Dalam e-modul ini akan diuraikan materi tentang pengukuran suatu besaran beserta satuannya. Bagian awal akan diuraikan tentang Hakikat Fisika dan Kerja Ilmiah, macam-macam alat ukur, pengertian besaran, jenis-jenis besaran, dan satuan yang sesuai, serta diuraikan juga tentang dimensi suatu besaran, awalan satuan, notasi ilmiah. penentuan nilai skala terkecil alat ukur dan cara membaca alat ukur panjang yaitu jangka sorong dan mikrometer skrup. Selanjutnya dibahas tentang pengukuran, jenis-jenis pengukuran yaitu pengukuran langsung tidak langsung, pengukuran tunggal dan pengukuran berulang, angka penting (angka hasil pengukuran). Dalam pengukuran tidak akan dapat dihasilkan nilai yang benar tetapi yang didapatkan adalah nilai yang terbaik, karena dalam pengukuran pasti terdapat kesalahan (error). Adanya kesalahan pengukuran inilah maka akan muncul ketidakpastian pengukuran. Bagian akhir e-modul ini akan dibahas cara menentukan ketidakpastian pengukuran.

 

             E. Petunjuk Penggunaan e-Modul

     Agar e-modul dapat digunakan secara maksimal maka kalian diharapkan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.      Pelajari dan pahami peta materi yang disajikan dalam setiap e-modul.

2.      Pelajari dan pahami tujuan yang tercantum dalam setiap kegiatan pembelajaran.

3.      Pelajari uraian materi secara sistematis dan mendalam dalam setiap kegiatan pembelajaran.

4.      Kerjakanlah latihan soal yang ada disetiap akhir kegiatan pembelajaran

5.      Lakukan uji kompetensi dengan mengerjakan soal evaluasi di bagian akhir modul untuk mengetahui tingkat penguasaan materi.

 

        F. Materi Pembelajaran

           Modul ini terbagi menjadi 6 (Enam) kegiatan pembelajaran dimana di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

Pertama           : Hakikat Fisika dan Kerja Ilmiah

Kedua             : Macam-Macam Alat Ukur

Ketiga             : Besaran, Satuan, dan Dimensi

Keempat          : Aturan Angka Penting dan Notasi Ilmiah

Kelima             : Nilai Ketidakpastian Pengukuran Tunggal

            Keenam           : Nilai Ketidakpastian Pengukuran Berulang

 

 

Leave a Reply

 

Labels

Blogroll

About