Peta Konsep
A. Identitas Modul
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Fase : X/E
Semester : Ganjil
Judul Modul : Pengukuran Dalam Kerja Iminh
Alokasi Waktu: : 15 JP (15 x 45 menit)
B. Capaian Pembelajaran
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pemahaman Konsep |
Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, dan keterampilan. |
Keterampilan Proses |
Mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil. |
C. Tujuan Pembelajaran
Menerapkan konsep pengukuran dan metode ilmiah dengan melakukan penelidikan sederhana, mengumpulkan data menggunakan alat ukur atau aplikasi teknologi yang tersedia, menganalisis data, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil penyelidikannya baik secara lisan maupun tulisan.
D. Deskripsi Singkat Materi
Dalam e-modul ini akan diuraikan materi tentang pengukuran suatu besaran beserta satuannya. Bagian awal akan diuraikan tentang Hakikat Fisika dan Kerja Ilmiah, macam-macam alat ukur, pengertian besaran, jenis-jenis besaran, dan satuan yang sesuai, serta diuraikan juga tentang dimensi suatu besaran, awalan satuan, notasi ilmiah. penentuan nilai skala terkecil alat ukur dan cara membaca alat ukur panjang yaitu jangka sorong dan mikrometer skrup. Selanjutnya dibahas tentang pengukuran, jenis-jenis pengukuran yaitu pengukuran langsung tidak langsung, pengukuran tunggal dan pengukuran berulang, angka penting (angka hasil pengukuran). Dalam pengukuran tidak akan dapat dihasilkan nilai yang benar tetapi yang didapatkan adalah nilai yang terbaik, karena dalam pengukuran pasti terdapat kesalahan (error). Adanya kesalahan pengukuran inilah maka akan muncul ketidakpastian pengukuran. Bagian akhir e-modul ini akan dibahas cara menentukan ketidakpastian pengukuran.
E. Petunjuk Penggunaan e-Modul
Agar e-modul dapat digunakan secara maksimal maka kalian diharapkan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pelajari dan pahami peta materi yang disajikan dalam setiap e-modul.
2. Pelajari dan pahami tujuan yang tercantum dalam setiap kegiatan pembelajaran.
3. Pelajari uraian materi secara sistematis dan mendalam dalam setiap kegiatan pembelajaran.
4. Kerjakanlah latihan soal yang ada disetiap akhir kegiatan pembelajaran
5. Lakukan uji kompetensi dengan mengerjakan soal evaluasi di bagian akhir modul untuk mengetahui tingkat penguasaan materi.
F. Materi Pembelajaran
Modul ini terbagi menjadi 6 (Enam) kegiatan pembelajaran dimana di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.
Pertama : Hakikat Fisika dan Kerja Ilmiah
Kedua : Macam-Macam Alat Ukur
Ketiga : Besaran, Satuan, dan Dimensi
Keempat : Aturan Angka Penting dan Notasi Ilmiah
Kelima : Nilai Ketidakpastian Pengukuran Tunggal
Keenam : Nilai Ketidakpastian Pengukuran Berulang